TUGAS KEPALA SEKOLAH TK
Secara umum, tugas utama Kepala Sekolah TK adalah:
-
Menyusun perencanaan sekolah
Merancang visi, misi, dan tujuan lembaga pendidikan TK serta menyusun rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang. -
Mengelola kegiatan pembelajaran
Memastikan proses pembelajaran berjalan sesuai dengan kurikulum PAUD/TK yang berlaku, serta memperhatikan perkembangan anak usia dini. -
Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan
Melakukan pembinaan, penilaian, serta pengembangan profesionalisme guru dan tenaga pendukung di lingkungan sekolah. -
Mengelola peserta didik
Memastikan proses penerimaan, perkembangan, dan pemantauan tumbuh kembang peserta didik secara holistik. -
Mengelola sarana dan prasarana sekolah
Mengatur dan mengoptimalkan penggunaan fasilitas dan perlengkapan belajar yang mendukung kegiatan anak. -
Mengelola keuangan sekolah
Bertanggung jawab terhadap pengelolaan anggaran (misalnya BOS atau dana lain), serta pelaporan yang transparan dan akuntabel. -
Menjalin kemitraan dengan orang tua dan masyarakat
Membangun komunikasi dan kerja sama dengan wali murid, komite sekolah, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak. -
Melaksanakan evaluasi dan pengawasan internal
Melakukan evaluasi terhadap program dan kegiatan sekolah, serta memastikan mutu pendidikan terus meningkat. -
Mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan ramah anak
Menjamin bahwa seluruh kegiatan dan suasana sekolah sesuai dengan prinsip pendidikan anak usia dini.
FUNGSI KEPALA SEKOLAH TK
-
Kepemimpinan Pendidikan (Educational Leadership):
Mendorong pengembangan kualitas pembelajaran, pembinaan guru, dan budaya sekolah yang positif. -
Manajerial:
Mengelola semua aspek operasional sekolah agar berjalan efektif dan efisien. -
Administratif:
Menyusun dan mengarsipkan dokumen penting, laporan, serta memastikan kelengkapan administrasi pendidikan. -
Supervisi:
Melakukan supervisi terhadap kinerja guru dan kegiatan pembelajaran untuk memastikan kualitasnya. -
Katalisator Pengembangan Sekolah:
Membuka peluang kerja sama, inovasi, dan pengembangan program pendidikan anak usia dini.
